Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah seorang mahasiswa pada Fakiltas Keguruan dan Ilmu Pedidikan Program Studi Pendidikan SEJARAH Universitas PATTIMUARA angkatan 2007

Rabu, 26 Agustus 2009

HAMAS DAN PLO


  HAMAS


 
Hamas, akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (bahasa Arab:حركة المقاومة الاسلامية , secara harfiah "Gerakan Perlawanan Islam" dan kata Arab untuk 'ketekunan'), adalah sebuah gerakan dan partai politik Palestina berhaluan Islamis yang dibentuk pada tahun 1987 untuk melakukan perlawanan terhadap pendudukan Israel di Palestina. Pada tahun 2006, partai ini memenangkan pemilu parlemen Palestina. Sejak awal Februari 2007, kelompok ini terlibat konflik dengan kelompok Fatah akibat kekalahan kelompok Fatah di pemilu parlemen 2006.

Tokoh :

- Mahmoud al-Zahar

- Sheikh Ahmed Yassin

- Yahya Ayyash

- Abdullah Yusuf Azzam

- Abdel Aziz al-Rantissi

- Khaled Meshal

- Ismail Hanyah


  PALESTINE LIBERATION ORGANIZATION (PLO)

 
Organisasi Pembebasan Palestina (bahasa Arab: منظمة تحرير فلسطينية Munazzamat al-Tahrir Filastiniyyah; bahasa Inggris: Palestine Liberation Organisation atau disingkat PLO) adalah lembaga politik resmi bangsa Arab Palestina yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Lembaga ini terdiri atas sejumlah organisasi perlawanan (yang terpenting ialah Al Fatah), organisasi ahli hukum, mahasiswa, buruh dan guru.
Organisasi ini mengusahakan sebuah negara Palestina di antara Laut Tengah dan Yordania. Sejak didirikan, pada tahun 1969 hingga meninggal pada tahun 2004, Yasser Arafat merupakan ketua organisasi ini. Pemimpinnya kini adalah Mahmud Abbas.

Berdirinya PLO
PLO didirikan pada 1964, setelah didahului oleh langkah awal Alm. Yasser Arafat untuk menyatukan semua organisasi perlawanan Palestina di bawah satu wadah, Al Fatah, pada 1950-an. Di awal pendirian, PLO di bawah dukungan Arafat dengan Al Fatahnya, menyerang Israel secara terus menerus. Israel menjawab dengan secara rutin menyerang basis PLO di Lebanon. Tak jarang korban yang berjatuhan dari kalangan sipil serta perempuan dan anak-anak.

Organ utama
Organ utama lembaga ini ialah Komite Eksekutif, Komite Sentral serta Dewan Palestina. Terpenting dari antaranya ialah Komite Eksekutif, yang bertugas mengambil keputusan-keputusan politik. Dalam mengambil keputusan, organ ini menerima masukan serta nasehat dari Komite Sentral, yang hampir kesemua anggotanya diambil dari organisasi perlawanan dan tokoh-tokoh independen. Dewan Nasional Palestina, sebuah organisasi penting lainnya yang terdiri dari 500 anggota, merupakan juga Parlemen Palestina.

Ketua PLO pertama
Atas kegigihannya menarik perhatian masyarakat internasional, pada tahun 1969 Arafat diangkat sebagai ketua PLO. Setelah menjadi ketua, Arafat mulai meninggalkan kegiatan penyerangan dengan senjata dan berusaha mendirikan sebuah pemerintahan di pengasingan. Beberapa langkah penting yang dilakukannya ialah berhasil membuat PLO memperoleh pengakuan Liga Arab sebagai satu-satunya organisasi bangsa Palestina tahun 1974. Juga pada November 1974, PLO merupakan satu-satunya organisasi nonpemerintah yang memperoleh kesempatan berbicara di depan Sidang Umum PBB. Satu langkah berikut yang dicapai ialah diperolehnya keanggotaan penuh PLO di dalam Liga Arab pada tahun 1976.

Manuver politik PLO
Selanjutnya manuver politik yang dilakukan oleh PLO untuk mencapai tujuan kemerdekaan Palestina ialah dengan menyebarkan perjuangan rakyat Palestina ke seluruh dunia, mengakui Resolusi Dewan Keamanan PBB No 242 dan 338 (yang mengakui eksistensi Israel), serta melakukan gerakan Intifadah sejak tahun 1987. Sebagian faksi militan militer menolak mengakui Resolusi PBB tersebut, namun mereka menegaskan bahwa mereka tetap menjadi anggota PLO dan tidak ingin memecah belah semangat nasionalisme ketika sedang dirintis usaha ke arah berdirinya sebuah negara yang baru terbentuk.
Pada 15 November 1988, sebuah langkah besar dilakukan oleh PLO, yaitu mengumumkan berdirinya negara Palestina dari markas besarnya di Algiers, Aljazair. Bersamaan dengan ini PLO mulai mendirikan kantor kedutaannya di berbagai negara Timur Tengah dan di Indonesia.

Perwakilan di PBB
PLO mendapatkan status peninjau di Sidang Umum PBB pada 1974 (Resolusi Sidang Umum no. 3237). Dengan pengakuan terhadap Negara Palestina, PBB mengubah status peninjau ini sehingga dimiliki oleh Palestina pada 1988 (Resolusi Sidang Umum no. 43/177.) Pada Juli 1998, Sidang Umum menerima sebuah resolusi baru (52/250) yang memberikan kepada Palestina hak-hak dan privilese tambahan, termasuk hak untuk ikut serta dalam perdebatan umum yang diadakan pada permulaan setiap sesi Sidang Umum, hak untuk menjawab, hak untuk ikut mensponsori resolusi dan hak untuk mengajukan keberatan atau pertanyaan yang berkaitan dengan pembicaraan dalam rapat (points of order) khususnya menyangkut masalah-masalah Palestina dan Timur Tengah. Dengan resolusi ini, "tempat duduk untuk Palestina akan diatur tepat setelah negara-negara non-anggota dan sebelum peninjau-peninjau lainnya." Resolusi ini diterima dengan suara 124 setuju, 4 menolak (Israel, AS, Kepulauan Marshall, Mikronesia) dan 10 abstain.


SEJARAH SINGKAT ISRAEL

Abraham, orang Yahudi yang pertama, mendapat panggilan dari Allah sewaktu ia berada di Ur, Kaldea. Allah berjanji kepadanya untuk memberikan tanah perjanjian Kanaan, yang juga dijanjikan kepada keturunannya. Dia mati tanpa menerima janji-janji tersebut.
 Ishak, anak Abraham yang pernah dijadikan korban persembahan kepada Allah karena karena ketaatan Abraham, adalah orang yang beriman. Allah menegaskan kembali janjiNya kepada Abraham melalui seekor domba. Ishak bersedia untuk mati karena ia taat kepada bapaknya, Abraham; hal ini merupakan gambaran dari Kristus. Janji-janji tersebut diperbarui melalui Ishak (Kej. 26:3-5).
 Yakub, dua kali ia bermimpi memerintah atas saudara-saudaranya. Mereka iri kepadanya, dan menjualnya sebagai budak ke Mesir. Disana ia menjadi pejabat pemerintah, dan ia ditugaskan untuk mengatur persediaan makanan selama tujuh tahun ketika bala kelaparan menimpa negeri itu. Pada masa itu, Yakub dan anak-anaknya datang ke Mesir untuk hidup bersama dengannya. Mereka dan keturunannnya tinggal di tanah Gosyen, Mesir. Selanjutnya Firaun menganiaya orang-orang Israel dan menjadikan mereka budak.
 
Musa lahir pada saat itu, ia disembunyikan di sebuah peti pandan, kemudian putri dari Firaun menemukannya dan merawatnya. Ketika ia sudah dewasa, ia membunuh seorang Mesir yang sedang memukul seorang Israel. Musa lari ke Midian. Ia bekerja pada Yitro selama 40 tahun sebagai seorang gembala. Lalu Allah menampakkan diriNya kepada Musa di semak belukar, ia diperintahkan untuk menemui Firaun dan memperingatkannya agar membebaskan bangsa Israel. Ia melakukan berbagai mujizat yang menakjubkan untuk membuktikan bahwa ia benar-benar diutus oleh Allah. Tetapi Firaun tetap tidak mau melepaskan Israel. Karena itu sepuluh tulah dijatuhkan ke atas Mesir; katak, kegelapan, hujan es, dan yang terakhir kematian atas anak sulung. Bangsa Israel harus menyembelih seekor domba dan membubuhkan darahnya pada pintu rumah mereka. Peristiwa ini dikenal sebagai Paskah.
 Keluaran. Akhirnya bangsa Israel keluar dari Mesir. Mereka berjalan dibawah bimbingan Malaikat Allah dalam bentuk tiang awan pada saat siang, dan tiang api pada saat malam. Tentara Firaun mengejar mereka sampai ke laut merah. Secara menakjubkan laut tersebut terbagi dua dan bangsa Israel berjalan melaluinya, lalu laut itu kembali ke keadaan semula dan menenggelamkan orang-orang Mesir. Kemudian bangsa Israel berjalan melalui padang gurun menuju tanah perjanjian Kanaan. Allah memberikan mereka air minum dari batu dan roti dalam bentuk manna, yang diberikan setiap pagi. Ketika mereka tiba di gunung Sinai, Allah memberikan mereka sepuluh perintah dan hukum Musa. Kemudian mereka mendirikan Kerajaan Allah. Mereka diperintahkan untuk membuat tenda khusus, yang disebut tabernakel. Di tempat itu mereka beribadah kepada Allah. Kemudian dari antara mereka dipilih Imam tinggi dan para imam untuk membawa korban mereka kepada Allah. Semua elemen dari tabernakel dan keimaman, adalah gambaran ke depan tentang Yesus.
 Tanah perjanjian akhirnya diberikan. 12 orang mata-mata dikirim, 10 diantaranya kembali dengan mengatakan bahwa sangat sulit untuk memiliki tanah Kanaan. 2 mata-mata lainnya, Yosua dan Kaleb, mengatakan hal yang benar bahwa tanah tersebut dapat mereka miliki jika mereka beriman kepada janji-janji Allah. Karena banyak orang lebih percaya kepada 10 mata-mata itu, akhirnya bangsa Israel dibiarkan mengemabara di padang gurun selama 40 tahun hingga mereka yang berumur 20 tahun pada waktu mereka keluar dari Mesir mati.
 
Yosua adalah pengganti Musa, ia memimpin bangsa Israel menuju tanah Kanaan. Kota pertam yang direbut adalah Yerikho, tempat dimana Rahab tinggal, dan selanjutnya Ai. Ketika mereka sudah berada di tanah tersebut, mereka dipimpin oleh para Hakim. Meskipun Allah adalah pemimpin mereka yang sebenarnya. Mereka adalah Gideon, Yefta, Samson, dll. Mereka menyerahkan Israel kepada musuh-musuh mereka, ketika bangsa Israel dinyatakan berdosa kepada Allah. Sejarah Israel dipenuhi dengan contoh-contoh ketidaktaatan kepada Allah. Mereka dihukum melalui penyerangan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa disekeliling mereka. Karena mereka bertobat, Allah membawa mereka kembali, tetapi mereka mengulangi perbuatan mereka. Hakim yang terakhir adalah Samuel, pada masanya, bangsa Israel menolak Allah sebgai Raja atas mereka, dan meminta diberikan raja dari kalangan manusia, seperti bangsa-bangsa di sekeliling mereka.

PERADABAN MESOPOTAMIA

terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia, yang dalam bahasa Yunani berarti "(daerah) di antara sungai-sungai". Entah sejak kapan nama itu dipakai untuk menyebut daerah itu. Namun, para penulis Yunani dan Latin kuno, seperti Polybius (abad 2 SM) dan Strabo (60 SM-20 M), sudah menggunakannya.

Peradaban Sumeria
Bangsa iki umume ahli neng bidang tani lan dagang uga wis nduwe sistem pemerentahan sing ketata. Raja saka bangsa iki sing musuwur yaiku Ur Nanshe. Bangsa iki uga sing nemuake sistem etungan sixagesimal, sistem lingkaran 360 derajat uga etungan sejam ana 60 menit, semenit ana 60 detik lan liyane.





Akkadia

Bangsa Akkadia iki sing ngalahke bangsa Sumeria, rajane sing misuwur yaiku Sargon.

Babilonia

Raja Babilonia sing misuwur yaiku Hammurabi, mrentah Babilonia wiwit taun 1948 nganti 1905 SM.

Assyria

Bangsa Assyria iki misuwur sebagey bangsa penakluk, pemerentahane nerapke sistem militer. Rajane sing misuwur yaiku Assurbanipal. Bangsa iki akhire dikalahke bangsa Khaldea.
Babilonia anyar

Bangsa Khaldea ngalahke bangsa Assyria lan mbangun Babilonia anyar, rajane sing misuwur yaiku Nebukadnezar. Taun 539 SM, Babilonia anyar ditaklukake dening bangsa Persia.







1 komentar: